Halal Haram Childfree


Buku ini membahas salah satu pembahasan aktual dengan menggunakan sudut pandang cabang ilmu tafsir, yaitu Tafsir Ayat Ahkam. Tepatnya fenomena childfree, yang dikaji dan dianalisis dengan menggunakan Tafsir Ayat Ahkam. Dikuatkan dengan kajian dan analisis dari perspektif Maqâshid Syarî’ah, Ma’âlât al-Af’âl, serta pandangan ulama kaum Muslim, baik ahli fikih maupun hadits, terhadap status anak; siapakah yang berhak atas anak, apakah orang tua, kedua orang tuanya, atau umat, atau semuanya secara bersamaan?
Pilihan dan gaya hidup Childfree, dilihat dari aspek sejarah, latar belakang pemikiran yang melahirkan, bentuk- bentuk dan dampaknya, jelas bukan dari Islam, bertentangan dan dilarang oleh Islam.
Buku ini juga mengemukakan solusi yang diberikan oleh Al-Qur’an terhadap fenomena Childfree. Melalui pendekatan preventif, melalui purifikasi dan revitalisasi akidah dan pemikiran Islam, juga pendekatan kuratif, melalui dakwah dan edukasi, baik secara pribadi maupun berjamaah. Al- Qur’an juga memberikan solusi praktis, melalui kebijakan negara, baik di bidang sosial, ekonomi, politik maupun pertahanan. Dengan cara menerapkan secara kâffah apa yang Allah turunkan.