Peran & Fungsi Partai Politik dalam Islam

Rp32.400

Partai politik telah menjadi bagian utama dari kancah perpolitikan di hampir setiap negara yang ada sekarang ini, terutama di negara yang menerapkan sistem demokrasi. Partai politik juga merupakan pilar demokrasi dalam kaitannya dengan kontestasi pemilihan umum, baik pemilihan kepala negara maupun anggota legislatif. Maka tak heran jika eksistensi partai politik itu sendiri diidentikkan dengan demokrasi.

Pertanyaannya, bagaimana dengan negara yang menerapkan sis- tem Islam? Apakah di dalam Negara Islam juga ada partai politik? Jika memang ada, apakah keberadaannya itu merupakan adopsi dan adaptasi dari sistem demokrasi yang disesuaikan dengan sistem Islam, ataukah murni dari penggalian terhadap dalil-dalil syar’i dan tak terkait dengan sistem apa pun di luar Islam?

Kemudian, jika partai politik itu memang ada dalam sistem Islam, apa peran dan fungsinya dalam kehidupan dan dalam bernegara? Apakah keberadaannya hanya sebagai kendaraan untuk mengantarkan kader-kadernya ke kursi kekuasaan semata, seperti yang kerap kita jumpai di negara demokrasi? Ataukah ada peran dan fungsi lain dari partai politik di negara yang menerapkan sistem Islam?

Buku yang ditulis oleh ustadz Ziyad Ghazzal ini insyaAllah akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bahkan sejatinya buku ini adalah rancangan undang-undang partai politik di dalam negara Islam, agar partai-partai politik yang ada di dalamnya dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal dengan tetap berjalan pada koridornya yang seharusnya. []

Tersedia

Peran & Fungsi Partai Politik dalam Islam

Tersedia